KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR NASIONAL IPS SMP

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR NASIONAL

TAHUN PELAJARAN 2008 / 2009

Sekolah                    :   SMP Negeri 1 Alas

Mata Pelajaran       :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)                                                                                                                          Penulis  Soal  :  Iman Jayadi, S.Pd.

Tahun Pelajaran     :   2008/2009                                                                                                                                                          Kurikulum    :  KTSP 2006

Alokasi Waktu        :   60  menit                                                                                                                                                            Jumlah Soal  :  50 Butir

Standar Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Bahan Kelas Jumlah soal Indikator
1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia. 1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampakny  terhadap kehidupan.
  • Gejala diastropisme dan vulkanisme
  • Proses erosi dan penyebabnya
VII.1 1

1

  • Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran  tipe gunung api.
  • Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..
1.2.Mendeskripsikan  kehidupan pada masa  pra-aksara di Indonesia.
  • Pengertian dan  kurun  waktu pra-aksara
  • Peninggalan-peninggalan  kebudayaan
VII.1

VII.1

1

1

  • Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa  pra –aksara
  • Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan  kebudayaan  pada masa pra-aksara
2.   Memahami kehidupan sosial manusia. 2.1  Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian
  • Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
VII.1 1
  • Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
3.    Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan 3.1.Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
  • Macam-macam  motif  dan prinsip ekonomi.
VII.1 1
  • Mengidentifikasi macam-macam  motif  dan prinsip  ekonomi.
4.   Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya. 4.1.Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan

4.4  Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.

  • Jenis peta dan bentuk peta.
  • Tipe-tipe hujan
VII.2

VII.2

1

1

  • Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
  • Mengidentifikasi tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).
5.   Memahaami perkembangan masyarakat  sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa. 5.1    Mendeskripsikan  perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya.

5.2    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-pening-galannya.

  • Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha
  • Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.
VII.2

VII.2

1

1

  • Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah.
  • Melacak  proses  masuk dan berkem-bangnya agama Islam ke  Indonesia
6.  Memahami kegiatan ekonomi masyarakat 6.2    Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan  konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa

6.3. Mendeskripsikan  peran  badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses  produksi dalam  kaitannya dengan  pelaku ekonomi

  • Faktor-faktor yang  mempengaruhi  konsumsi seseorang.
  • Mmisi/tujuan badan  usaha (milik negara /daerah, milik swasta,        koperasi)
VII.2

VII.2

1

1

  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang  mempengaruhi  konsumsi seseorang.
  • Mengidentifikasi misi/tujuan badan   usaha (milik negara /daerah, milik swasta,        koperasi)
  1. Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.
1.1  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk

1.2  Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan  upaya penanggulangannya

1.3  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

  • Persebaran jenis tanah di Indonesia.Pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia
  • Piramida  penduduk  Indonesia
  • Dampak positif dan  negatif migrasi dan usaha penanggulangan  dampak  negatif migrasi.
  • · Usaha pelestarian lingkungan hidup.
VIII.1

VIII.1

VIII.1

VIII.1

1

1

1

1

  • Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
  • Mendeskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan piramida penduduknya.
  • · Menganalisis dampak positif dan negatif migrasi serta usaha penanggulangannya.
  • · Memberi contoh  usaha pelestarian lingkungan  hidup.
2. Memahami proses kebangkitan  nasional. 2.2.Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia
  • Peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional Indonesia
VIII.1 1
  • Mendiskripsikan peranan golongan terpelajar ,profesional ,dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia
3. Memahami masalah penyimpangan sosial. 3.2.Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  • Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
VIII.1 1
  • Mengidentifikasi  upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
4.  Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat 4.1. Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
  • Kebutuhan  manusia yang tidak terbatas
VIII.1 1
  • Mengidentifikasi arti dan jenis kebutuhan
5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan. 5.1  Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan  RI
  • Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia
VIII.2 1
  • Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial. 6.2  Mendeskripsikan  pranata sosial dalam  kehidupan  masyarakat
  • Fungsi pranata sosial.
VIII.2 1
  • Mengidentifikasi fungsi pranata sosial.
6.3    Mendeskripsikan  pengendalian  dan penyimpangan sosial
  • Peran lembaga-lembaga pengendalian  sosial
VIII.2 1
  • Menguraikan  peran  lembaga-lembaga pengendalian  sosial.
7.  Memahami Kegiatan perekonomian Indonesia 7.2. Mendeskripsikan  pelaku-pelaku ekonomi dalam  sistem  perekonomian Indonesia

7.3 Mendesikripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional

7.4.Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terben-tuknya harga pasar

  • Pelaku-pelaku  kegiatan  per- ekonomi di Indonesia
  • Pengertian pajak dan  retribusi.
  • Hukum Permintaan
  • Penawaran  pada barang dan jasa
VIII.2

VIII.2

VIII.2

VIII.2

1

1

1

1

  • Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi
  • Mendefinisikan pengertian pajak dan retribusi
  • Mendefinisikan Hukum Permintaan.
  • Menjelaskan hubungan antara permintaan barang/jasa dengan harga barang / jasa tersebut.
  1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan  negara maju
  • Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
IX.1 1
  • Mengidentifikasi ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
2, Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan 2.1.Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
  • Faktor –faktor  yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia
  • Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
IX.1

IX.1

1

1

  • Mendiskripsikan faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda
  • Mengidentifikasi  faktor- faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
3.  Memahami perubahan sosial budaya. 3.1 Mendeskripsikan  perubahan  sosial-budaya pada masyarakat
  • Faktor-faktor  penghambat perubahan sosial budaya.
IX.1 1
  • Mengidentifikasi faktor-faktor penghambat  perubahan sosial.
4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan. 4.1.Mendeskripsikan uang dan lembaga  keuangan

4.2 Mendeskripsikan  perdagangan internasional dan  dampaknya  terhadap  perekonomian  Indonesia

  • Jenis-jenis uang  ( uang kartal dan uang giral )
  • Jenis-jenis bank dan tugas pokok
  • Fungsi, peranan  dan  manfaat lembaga keuangan bukan bank
  • Komoditi ekspor / impor Indonesia.
IX.1

IX.1

IX.1

IX.1

1

1

1

1

  • Mengidentifikasi jenis-jenis uang ( uang kartal dan uang giral )
  • Mendiskripsikan  jenis-jenis bank serta tugas pokoknya
  • Mengidentifikasi fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank (pegadaian, asuransi, lembaga pensiun, koperasi simpan pinjam ) bagi peningkatan kesejahteraaan rakyat banyak
  • Mengidentifikasi komoditi ekspor/impor Indonesia.
5. Memahami hubungan manusia dengan bumi 5.1 Menginterpretasi peta tentang pola  dan bentuk-bentuk muka bumi

5.2 Mendeskrip sikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.

5.3  Mendeskripsikan  pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera.

  • Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
  • ·Iklim kawasan Asia Tenggara.
  • Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
  • Posisi benua-benua dan samudera.
  • Karakteristik bentang alam  dan penduduk di benua-benua.
  • Karakteristik masing-masing samudera.
IX.2

IX.2

IX.2

IX.2

IX.2

IX.2

1

1

1

1

1

1

1

  • Menganalisis bentuk-bentuk muka bumi pada peta.
  • Mendeskripsikan keadaan iklim di kawasan Asia Tenggara.
  • Mendeskripsikan sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
  • Menginterpretasi peta dunia dan atau globe untuk mendapatkan  informasi tentang posisi benua dan samudera.
  • Mendeskripsikan  karakteristik bentang alam  masing-masing benua.
  • Mendeskripsikan  karakteristik penduduk  masing-masing benua.
  • Menginterpretasi peta dunia untuk mendapatkan informasi tetang karakteristik masing-masing samudera.
6.  Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia. 6.1.Mendekripsikan  perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat
  • Perjuangan diplomasi; pendekatan diplomasi
  • Perjuangan dengan Konprontasi politik dan ekonomi
IX.2

IX.2

1

1

  • Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dalam  upaya mengembalikan Irian Barat
  • Mengidentifikasi perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomi dalam upaya pengembalian Irian Barat.
7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional 7.1 Menjelaskan  berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi

7.2 Menguraikan perkembangan lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama interna-sional

7.3 Menguraikan perilaku  masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.

7.4    Mendeskripsikan  kerjasama antarnegara di bidang ekonomi

7.5.Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia

  • Berakhirnya orde Baru; krisis ekonomi dan  gerakan  Reformasi
  • Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia
  • Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.
  • Tujuan kerjasama ekonomi antarnegara.
  • Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
  • Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat  regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia.
  • Badan-badan kerjasama ekonomi regional dan  multilateral
IX.2

IX.2

IX.2

IX.2

IX.2

IX.2

IX.2

1

1

1

1

1

1

1

  • Mendiskripsikan berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi
  • Menguraikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan mendiskripsikan peran Indonesia
  • Menguraikan  perilaku  masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.
  • Menjelaskan tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
  • Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerja sama antarnegara
  • Mengidentifikasi badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia.
  • Mengidentifikasi badan-badan kerjasama ekonomi regional dan  multilateral
50

Mengetahui,                                                                                                     Alas,  1   April    2009

Kepala Sekolah, Guru Mata pelajaran,

Dermansyah, S.Pd. Iman  Jayadi, S.Pd.

NIP. 196212191983011001                                                                            NIP. 197107171998021003

Iklan